Astambul Bersiap Gelar Pemilihan 22 BPD dan 14 Kades

Martapura, info Publik – Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar bersiap untuk menggelar pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemilihan Kepala Desa. Setidaknya ada 22 desa di kecamatan tersebut yang akan menggelar pemilihan BPD secara serentak. Sedangkan pemilihan kepala desa akan dilakukan di 14 desa.

Camat Astambul, H Sirajuddin Ali mengingatkan para kepala desa maupun pejabat kepala desa untuk segera menyiapkan kelengkapan guna pelaksanaan pemilihan BPD. “Sebaiknya teknis pelaksanaan disesuaikan dengan petunjuk teknis (juknis) serta persyaratan calon BPD yang telah ditetapkan,” pesan Camat, saat rapat koordinasi Kecamatan Astambul yang dihadiri oleh para kepala desa, Kamis (17/10/2019), di Aula Kecamatan Astambul.

Pada rakor yang juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Kecamatan Astambul ini, Sirajuddin Ali juga mengingatkan tentang persyaratan keharusan terwakilinya kaum perempuan di kepengurusan BPD desa nantinya.

Selain menggelar pemilihan anggota BPD di 22 desa yang ada di Kecamatan Astambul, selanjutnya juga akan melakukan pemilihan 14 kepala desa secara serentak pada pertengahan tahun mendatang.

Selain tujuh desa yang masa jabatan kepala desanya sudah berakhir, pada November 2019 ini akan ada empat kepala desa lagi yang akan mengakhiri masa jabatannya, sedangkan tiga lainnya berakhir di Maret 2020.

Pada rapat koordinasi Kecamatan Astambul yang digelar pada tanggal 17 setiap bulannya ini, selain membahas mengenai persiapan pemilihan BPD, juga membahas berbagai program kerja pemerintah yang ada di desa. Juga didiskusikan berbagai hal terkait kendala dan hambatan kegiatan pembangunan di desa, serta bagaimana solusinya.

“Kita menginginkan agar Astambul ini bisa berkembang lebih maju lagi. Hal ini karena Kecamatan Astambul merupakan salah satu tujuan dari peziarah ke Kabupaten Banjar. Jadi kita mesti menjaga kenyamanan serta kebersihan di wilayah kita,” imbuh Camat seraya meminta dukungan para kepala desa dan Forkopimca Astambul.

Sedangkan terkait penggunaan dana desa, Sirajuddin Ali juga mengingatkan para kepala desa untuk memanfaatkannya sesuai dengan yang telah direncanakan, sehingga betul-betul terasa manfaatnya bagi warga desa.

Hadir pada rakor, perwakilan Polsek, Koramil, Puskesmas, Balai Penyuluh Pertanian, para pendamping desa dan kecamatan, serta forum koordinasi kecamatan Astambul lainnya. (MC-Banjar/Briefda-Dani)

You might also like More from author